Prakerin Terbimbing SMK BMW PASIR SAKTI Lampung Timur di BLPT Yogyakarta

Yogyakarta – Sebagai kantor dengan bidang pelatihan teknik, Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) Yogyakarta telah menerima berbagai kunjungan untuk pelatihan siswa SMK dari seluruh Indonesia pada awal tahun 2019. SMK BMW PASIR SAKTI Lampung Timur menjadi salah satu sekolah kejuruan yang telah melaksanakan pelatihan di BLPT Yogyakarta pada 14 Januari hingga 7 Februari 2019. SMK BMW PASIR SAKTI Lampung Timur mengirimkan 50 peserta didik di bidang Multimedia yang terbagi atas dua kelas dan 54 peserta didik di bidang Permesinan.

Selama hampir satu bulan belajar di BLPT Yogyakarta, banyak pengalaman baru yang didapat siswa-siswi dari Lampung tersebut. Ketika ditanya tentang fasilitas yang ada di BLPT, Intan Kharisma, salah satu peserta didik menuturkan bahwa fasilitas yang ada di BLPT sangat memadai dibanding apa yang ada disekolahnya, “Media pembelajaran, fasilitas-fasilitasnya masih bagusan disini (jika dibanding dengan sekolah)” ucapnya.

Pembelajaran yang didapat siswa multimedia dari Lampung tersebut mulai dari pengolahan gambar, desain grafis hingga pembuatan film pendek, adapun aplikasi yang digunakan mulai dari Corel Draw, Adobe Photoshop serta Wondershare Filmora. Fasilitas pembelajaran di BLPT Yogyakarta memang cukup memadai untuk bidang Multimedia, yaitu berupa komputer/laptop serta kamera lengkap dengan peralatan pendukung. Kegiatan pembelajaran di BLPT juga terkesan asik, nyaman dan dapat dipahami, namun sempat juga jenuh dengan pembelajaran. “Bisa dipahami (pembelajarannya)” ujar Intan, “kadang ada yang asik kadang ada yang jenuh (selama pembelajaran)” lanjutnya.

Selain fasilitas pembelajaran, BLPT Yogyakarta juga memberikan akses asrama untuk tempat tinggal sementara siswa dari jauh yang sedang melakukan kunjungan di BLPT. Tak hanya akses tempat, BLPT juga memfasilitasi atas konsumsi untuk para siswa yang tinggal di asrama. Sayangnya layanan makanan yang disediakan memiliki kekurangan, “kurangnya itu dari makanan, bukan kurang enak, (tapi) maksudnya bosen gitu, kadang lauk pauknya cuma itu-itu (saja)” kata Intan.

Terlepas dari kekurangan yang ada, BLPT Yogyakarta memiliki kenyamanan tersendiri bagi para siswa yang melakukan kunjungan belajar, “Nyaman sini (dibanding sekolah), Nggak mau pulang kayaknya” canda Prasetyo Nugros, siswa lainnya dari SMK BMW PASIR SAKTI Lampung Timur. Prasetyo Juga mengungkapkan kesan selama di BLPT, “Kesannya, nyaman, senang disini, lingkungannya asri, guru-gurunya juga enak (mengajarnya)” tambahnya. (Rdw/SMK).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *