PESERTA DIKLAT PIM IV KUNJUNGAN “ KREATIVITAS DAN INOVASI” KE BLPT - blptjogja.or.id

PESERTA DIKLAT PIM IV KUNJUNGAN “ KREATIVITAS DAN INOVASI” KE BLPT

DETAIL BERITA 08 September 2015 03:09 WIB,   Jurnalis: Admin,   Dibaca : 1175kali
  Foto :  
Share :

Dalam rangka penguatan materi pembelajaran Kreativitas dan Inovasi bagi peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV angkatan VIII Pemerintah Daerah DIY perlu adanya kunjungan ke Institusi/Lembaga. Sehubungan dengan hal tersebut pada hari Selasa, tanggal 8 September 2015 sebanyak 43 orang peserta Diklat PIM IV Bandiklat DIY melakukan kunjungan ke BLPT Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY.

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Kepala BLPT, Drs. Sangkin, M.Pd., didampingi Kasubbag TU, Drihardono, S.Sos. Dalam sambutannya Kepala BLPT menyampaikan salah satu inovasi yang sudah dilakukan di BLPT adalah Penerapan Standar Internasional SMM ISO 9001:2008 dan Penerapan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK BLUD) secara penuh. Akan tetapi meskipun pengelolaan BLPT secara BLUD penuh dan diberikan fleksibelitas dalam pengelolaan keuangan maupun barang, dengan adanya SMM ISO 9001:2008 dan fleksibelitas secara BLUD tersebut diharapkan pelayanan kepada Masyarakat dapat dilaksanakan secara maksimal. Perjuangan menjadi BLUD penuh tidaklah mudah karena diperlukan persamaan persepsi setiap unsur didalamnya mengenai apa itu BLUD dan bagaimana penerapan/menjalankan BLUD tersebut. Karena apabila persamaan persepsi setiap lini yang ada di BLUD tidak sejalan maka cita-cita yang diharapkan dengan adanya BLUD tidak akan tercapai.

Setelah paparan/sambutan dari Kepala BLPT, Peserta Diklat PIM IV dipersilahkan melihat ke bengkel/lab yang ada di BLPT untuk melihat Kreativitas dan Inovasi yang sudah dilakukan BLPT dalam hal Teknologi, misalnya di Seksi Elektro dan Informatika inovasi yang dilakukan adalah pembuatan Trainer PLC yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi Guru di kelas dan di Seksi Mesin telah dilakukan Inovasi Teknologi yaitu pembuatan Sepeda Listrik Roda Tiga (SLRT) yang salah satu fungsinya untuk membantu bagi kaum tua untuk menyalurkan hoby bersepeda dan juga sepeda tersebut juga dapat dipakai bagi penyandang cacat karena pemakaiannya menggunakan bantuan listrik.

Diharapkan setelah melihat kreativitas dan inovasi yang ada di BLPT, peserta Diklat PIM IV yang berasal dari berbagai Institusi tersebut dapat memperoleh tambahan pengetahuan yang nantinya bisa diterapkan dan dilaksanakan di Institusi asal peserta Diklat.


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas



BALAI LATIHAN PENDIDIKAN TEKNIK ( BLPT ) YOGYAKARTA - WWWW.BLPTJOGJA.OR.ID
Kantor : Jl. Kyai Mojo 70 Yogyakarta 55243 - Indonesia Telp. (0274) 513036
Copyright © 2015 .Hak cipta dilindungi undang-undang.