KUNJUNGAN INDUSTRI SMK PGRI 1 KEDIRI KE BLPT YOGYAKARTA - blptjogja.or.id

KUNJUNGAN INDUSTRI SMK PGRI 1 KEDIRI KE BLPT YOGYAKARTA

DETAIL BERITA 22 November 2017 12:11 WIB,   Jurnalis: Admin,   Dibaca : 47kali
  Foto :  
Share :

Kurang lebih 200 siswa SMK PGRI 1 Kediri jurusan Teknik Permesinan dan Teknik Sepeda Motor dengan di dampingi oleh 10 guru pembimbing pada hari Selasa, tanggal 21 November 2017 melaksanakan kegiatan kunjungan industri di BLPT Yogyakarta. Tujuan dari kunjungan industri ini adalah untuk mengenalkan kepada siswa tentang dunia kerja khususnya di bidang industri keteknikan, karena lulusan SMK dipersiapkan untuk siap bekerja baik di dunia industri maupun berwirausaha demikian yang disampaikan oleh perwakilan pembimbing dari SMK PGRI 1 Kediri.

Kunjungan industri diterima secara langsung oleh Kepala BLPT Drs. Sangkin, M.Pd di halaman kantor BLPT Yogyakarta. Dalam sambutannya Kepala BLPT menyampaikan bahwa BLPT adalah lembaga pendidikan dan pelatihan yang mempunyai tugas memberikan pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi khususnya siswa SMK. Untuk itu BLPT akan senantiasa siap melaksanakan Diklat baik untuk siswa dan guru SMK yang akan meningkatkan kompetensi dibidang keteknikan, khususnya di bidang keahlian Teknik Sipil dan Furniture (Bangunan dan Perkayuan), Teknik Elektro dan Informatika, Teknik Permesinan dan Teknik Otomotif. Disampaikan Kepala BLPT dalam sambutannya bahwa selain Diklat, BLPT juga bersedia menerima siswa SMK yang akan melakukan praktek industri baik secara terbimbing ataupun secara mandiri. Karena pelaksanaan praktek industri di BLPT selain keterampilan yang diberikan, siswa juga akan diberikan bekal soft skill dengan harapan sekembalinya ke sekolah siswa selain menguasai keterampilan yang siap digunakan setelah lulus, siswa diharapkan juga mempunyai watak etika dan moral yang baik juga.

Selanjutnya peserta kunjungan industri dengan didampingi pemandu dari BLPT diajak menuju bengkel permesinan dan bengkel otomotif untuk melihat kegiatan dan fasilitas peralatan praktek yang ada, siswa bisa melihat secara langsung kegiatan praktek industri yang sedang dilakukan oleh siswa SMK di bengkel permesinan dimana siswa tersebut secara langsung mengoperasikan mesin yang mengerjakan komponen/benda pesananan industri. Dengan secara langsung melihat proses kerja dan produksi suatu barang siswa akan menjadi lebih semangat dalam menuntut ilmu dan setelah lulus bisa mengimplementasikannya di dunia kerja.


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas



BALAI LATIHAN PENDIDIKAN TEKNIK ( BLPT ) YOGYAKARTA - WWWW.BLPTJOGJA.OR.ID
Kantor : Jl. Kyai Mojo 70 Yogyakarta 55243 - Indonesia Telp. (0274) 513036
Copyright © 2015 .Hak cipta dilindungi undang-undang.