Juara Dunia Lomba Robotika Berasal dari Yogyakarta - blptjogja.or.id DETAIL RUBRIK 10 Mei 2011 03:05 WIB, oleh : m.tok, dibaca : 1493kali

Juara Dunia Lomba Robotika Berasal dari Yogyakarta


Bagikan tautan :

Dinas Dikpora DIY- Mahasiswa UGM kembali mengharumkan nama bangsa. Tidak tanggung-tanggung, kali ini mereka berhasil menyabet Juara dunia I dan II dalam ajang 18th Trinity College Fire Fighting Robot Contest yang diselenggarakan di Connecticut, Amerika Serikat, 9-10 April yang lalu.

Adalah Noer Aziz Ismail, Farid Inawan, Luiz Rizki Ramelan, mahasiswa semester 4 Teknik Elektro serta Wahyu Wijayanto mahasiswa semester 6 Teknik Mesin UGM yang telah berhasil menorehkan prestasi emas tersebut.

“Lomba Trinity College Fire Fighting Robot Contest ini dibagi dalam dua kategori utama. Yang pertama adalah kategori walking division, dimana robot menggunakan kaki, yang kedua adalah kategori senior division, dimana robot menggunakan roda. Dalam kategori senior division, masih dibagi lagi dalam dua kategori, yakni Unic dan Kit”, kenang Luiz saat ditemui oleh wartawan Dinas Dikpora DIY.

“Pada kategori unic, robot dirancang sendiri oleh peserta, sedangkan pada kategori Kit, robot dirancang oleh label”, lanjutnya.

Dua robot yang mereka ciptakan, yakni Koplax dan Ironfire, bertanding dalam kategori Senior Division-Unic melawan kontestan lainnya dari 7 negara, yakni AS, China, Israel, Portugal, Meksiko dan Kanada.

“Misinya semua sama, yakni sesegera mungkin memadamkan api dari lilin yang ditempatkan di sebuah labirin. Posisi start robot selalu diacak, posisi lilin juga selalu dipindah, sehingga kecerdasan dan kecepatan robot benar-benar diuji”, terang Aziz.

Kecerdasan dan kecepatan Koplax dan Ironfire memang benar-benar teruji dalam ajang ini. Terbukti, Koplax yang mengusung dua roda belakang dan sebuah sendok sayur di depan sebagai inovasi untuk mempermudah manuver dan mobilitasnya, hanya membutuhkan waktu 4,6 detik untuk menemukan, lalu memadamkan api pada lilin yang menyala. Ironfire dengan empat roda yang dimilikinya, membutuhkan waktu sedikit lebih lama, yakni 5,1 detik.

Satu hal yang membanggakan adalah, pesaing terdekat dari AS yang mengusung robot Neptune V2, membutuhkan waktu 16 detik untuk menyelesaikan misi ini. Angka ini terpaut sangat jauh dari catatan waktu yang dimiliki Koplax maupun Ironfire.

Atas dasar catatan waktu itulah, Koplax dan Ironfire berhasil menjadi juara dunia I dan juara dunia II pada kategori Senior Division-Unic 18th Trinity College Fire Fighting Robot Contest. Disusul kemudian juara ke III oleh robot Neptune V2 dari Amerika Serikat.

Mereka lalu berhak membawa pulang hadiah uang sebesar USD 300 dan voucher belanja di Mainsensor senilai USD 125 untuk juara I, serta uang sebesar USD 200 dan voucher belanja di tempat yang sama sebesar USD 100 untuk juara II. Selain itu, sesampainya di Indonesia, Mendiknas M.Nuh juga telah berjanji akan membiayai studi S2 mereka kelak, dimanapun pilihan universitas yang akan mereka tuju, baik di dalam maupun di luar negeri.

Mengenai keberhasilan dan dominasi mereka ini, Mendiknas pun sempat melepar guyonan tersendiri. “Jika saja kalian buat 3 robot, niscaya saya yakin 3 robot itu jualah yang akan menjadi juara”, candanya.

Tidak hanya itu, Ketua Panitia 18th Trinity College Fire Fighting Robot Contest, Prof. David Alghren, Ph.D. bahkan mengaku sangat tertarik dengan kompetisi robot di Indonesia. “Saya ingin datang pada saat pelaksanaan kontes robot nasional di Indonesia, karena dominasi Indonesia yang mendunia di ajang ini”, tutur Prof. David Alghren, Ph.D.

Keberhasilan mahasiswa UGM di ajang kompetisi robot tingkat dunia ini, membuktikan bahwa banyak mahasiswa Indonesia yang memiliki kualitas unggul tingkat dunia. Tugas pemerintah dan para stake holder selanjutnya, adalah untuk terus mempertahankan keberadaan mereka di Indonesia, agar kemampuan dan kecerdasan yang mereka miliki, mampu berguna bagi nusa dan bangsa kelak di kemudian hari. Selamat! (m.tok)


Komentar sosok

Tokoh Lain Kembali ke atas

BALAI LATIHAN PENDIDIKAN TEKNIK ( BLPT ) YOGYAKARTA - WWWW.BLPTJOGJA.OR.ID
Kantor : Jl. Kyai Mojo 70 Yogyakarta 55243 - Indonesia Telp. (0274) 513036
Copyright © 2015 .Hak cipta dilindungi undang-undang.