Basya Annisa Yanuar, Siswa SD Juara Renang Indah Tingkat Nasional - blptjogja.or.id DETAIL RUBRIK 02 September 2015 05:09 WIB, oleh : m.tok, dibaca : 2394kali

Basya Annisa Yanuar, Siswa SD Juara Renang Indah Tingkat Nasional


Bagikan tautan :

Basya Annisa Yanuar, atau sering dipanggil Sasha. Siswi kelahiran 12 September 2000 yang juga murid kelas 5 SD Muhammadiyah Sapen ini adalah putra dari Yuyun Yanuar Yunus dan Woro Yulita Triharyanti. Siapa yang menyangka dibalik sosoknya yang lembut, gadis hitam manis ini adalah juara nasional renang indah.

Ya, Sasha memang telah mulai menyukai olahraga renang sejak dikenalkan oleh ayahnya di usia tiga tahun. Saat itu, Sasha masih diajari oleh ayahnya dengan menggunakan bantuan ban.

Menginjak kelas 2 SD, ia mulai serius dengan olahraga renang. Ia pun mengikuti klub renang yang ada di sekolahnya, SD Muhammadiyah Sapen.

“Aku ikut klub renang di SD hanya 1 semester. Setelah itu sejak semester 2 kelas 2, hingga sekarang, aku sudah bergabung dengan Klub Yuso Yogyakarta, dengan mengambil tempat latihan di Kolam Renang UNY”, ungkap Sasha.

Awalnya Sasha menyukai renang gaya bebas. Tetapi melihat rekan-rekannya berlatih renang indah, ia pun mulai tertarik.

“Memang sulit di permulaannya. Aku harus belajar ngapung dulu, belajar betknee, atau menekuk-nekuk kaki, belajar ballet legs dan exbiter, agar setengah anggota badan bisa tetap mengapung, saat tangan bergerak. Namun lama-lama aku juga menyukai dan menikmatinya”, tutur Sasha.

Berkat kesukaannya di renang indah dan latihan yang tiada henti, ia berhasil meraih medali emas lomba renang indah tingkat nasional kelompok umur 12 tahun kebawah yang dihelat di Kolam Renang Cikini, Jakarta, bulan Februari 2011 yang lalu.

“Lomba ini diikuti oleh klub-klub renang di seluruh Indonesia. Kami yang juara I selanjutnya akan mengikuti AASF atau lomba renang indah se-ASEAN”, terangnya.

Sebagai ajang pemanasan sebelum mengikuti turnamen se Asia Tenggara, Sasha berencana akan mengikuti lomba renang indah free age di Singapura, Juni nanti.

Saat ditanya mengenai metode latihannya untuk menghadapi lomba di tingkat internasional, gadis yang juga hobi menyanyi ini mengaku berlatih rutin 3 kali seminggu.

“Aku berlatih tiga kali seminggu, mulai pukul 4 hingga 6 sore, kadang-kadang hingga pukul 7 malam”, tutur gadis yang ingin melanjutkan sekolah di SMP 8 atau SMP 5 Yogyakarta ini. (m.tok)


Komentar sosok

Tokoh Lain Kembali ke atas

BALAI LATIHAN PENDIDIKAN TEKNIK ( BLPT ) YOGYAKARTA - WWWW.BLPTJOGJA.OR.ID
Kantor : Jl. Kyai Mojo 70 Yogyakarta 55243 - Indonesia Telp. (0274) 513036
Copyright © 2015 .Hak cipta dilindungi undang-undang.