SMK N 2 Bawang Banjarnegara Melaksanakan Prakerin Terbimbing di BLPT Yogyakarta

Yogyakarta – Praktik kerja industri (prakerin) dilaksanakan oleh SMK N 2 Bawang, Banjarnegara di Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) Yogyakarta selama hampir dua bulan, tepatnya mulai 4 Januari hingga 2 Maret 2019. Peserta didik yang dikirimkan sebanyak 32 orang siswa-siswi yang terbagi atas dua kelas dengan kompetensi keahlian bidang listrik.

Pembelajaran yang diajarkan cukup beragam, berupa perancangan instalasi penerangan, instalasi listrik penerangan, instalasi tenaga kendali ,dan PLC otomasi industri. “nah, dari situ dibagi lagi, yang instalasi penerangan ada perancangan, ada pemasangan, terus instalasi kendali ada aplikasi-aplikasinya, aplikasi terang panel, yang PLC (ada) pemrograman terstruktur,dan seterusnya.” Tutur guru pendamping, Ismu Wijayanto, ketika ditemui di ruang ICT.

Ketika ditanya kegiatan pembelajaran di BLPT, Renal Andrea, salah seorang peserta didik mengakui bahwa mereka mendapat materi pembelajaran baru selama di BLPT, “Pembelajaran seperti disekolah, tapi materinya yang belum sekolah ajarkan” ucap Renal. Materi yang belum diajarkan berupa PLC, “banyak hal yang sudah dipelajari, misalnya PLC, kayak di sekolahan belum di ajarkan, disini sudah diajarkan” lanjutnya. Renal juga menjelaskan jika kegiatan pembelajaran cukup asyik. “Asyik, ya istrukturnya baik, ya ngajarnya nggak sepanenglah, asyik” kata Renal. Selama berada di BLPT, peserta didik SMK N 2 Bawang menggunakan fasilitas penginapan yang disediakan. Renal berpendapat bahwa selama menginap cukup nyaman, namun masih merasakan berbagai kekurangan, “nyaman sih, tapi yang agak kurang nyaman di kasurnya, kadang ada yang empuk ada yang nggak” tutur Renal. Selain itu, sarana dan prasarana yang disediakan masih terdapat kekurangan, “lumayan baik sih, paling kalau di wc takutnya ada yang kotor, terus di asrama, tv nya ada yang nggak ada remotnya, kipas angin ada yang rusak, ac nya mati, terus lemari ada yang rusak, kadang nggak ada pintunya” lanjutnya. Renal juga berharap agar BLPT lebih baik kedepannya, “Kesannya cukup memuaskan prakerin di sini, pesannya semoga BLPT lebih maju lagi.” pungkas Renal. (Rdw/SMK1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *